Identifikasi Beban Kerja Mental Karyawan pada Divisi Layanan Bisnis dan Pemerintahan di PT Telkom Indonesia Wilayah Telekomunikasi Bogor

Authors

  • Rossi S. Wahyuni Universitas Gunadarma
  • Mei Raharja Universitas Gunadarma
  • Yuyun Yuniar Rohmatin Universitas Gunadarma
  • Nurul Cahya Fitriana Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.63891/tekma.v1i2.80

Keywords:

Mental Workload, NASA-TLX, PT Telkom Indonesia

Abstract

Beban kerja mental menjadi salah satu penyebab utama munculnya stress kerja yang dapat menurukan kinerja perusahaan, Metode NASA-TLX menilai enam dimensi beban kerja: kebutuhan mental, kebutuhan fisik, kebutuhan waktu, performansi, tingkat usaha, dan tingkat frustrasi pekerja. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi dan mengukur beban mental pekerja pada Divisi Business and Government Enterprise Service PT Telkom Indonesia Witel Bogor. Pekerja di divisi Business and Government Enterprise Service (Layanan Bisnis dan Pemerintahan) PT Telkom Indonesia Wilayah Telekomunikasi Bogor terdiri dari 19 pekerja yang dijadikan sebagai responden dengan jenis kelamin laki-laki dan perempuan yang ditempatkan pada 6 bagian kerja. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa 13 orang (68,4%) mengalami beban kerja mental yang tinggi sedangkan 6 orang (31,6%) mengalami beban kerja mental yang sangat tinggi.

Downloads

Published

2025-10-24