Identifikasi Cacat pada Material Baja Boron 10b21 dengan Metode Destructive Test (DT)
DOI:
https://doi.org/10.63891/impak.v1i2.64Keywords:
Baja Boron 10B21, Cacat, Metalografi, PengujianAbstract
Perkembangan yang pesat pada dunia otomotif akan meningkatkan persaingan. Komponen otomotif akan selalu berkembang mengikuti kebutuhan pasar, termasuk baut dan sekrup. Proses manufaktur dalam pembuatan produk baut dan sekrup meliputi proses heading, rolling, heat treatment, plating dan packaging. Dalam pelaksanaannya, proses manufaktur baut dan sekrup dapat mengalami kecacatan material, terutama dalam proses pembentukannya. Untuk mengidentifikasi kecacatan pada material, perlu dilakukan pengujian. Pengujian metalografi dilakukan bertujuan untuk dapat mengobservasi cacat yang terjadi. Dalam penelitian ini akan dilakukan identifikasi cacat pada material baja boron 10B21 dengan metode destructive test untuk mengetahui jenis cacat yang terjadi pada material baja boron 10B21. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai identifikasi cacat pada material baja boron 10B21 dengan metode destructive test, ditemukan cacat crack pada bagian tengah material. Cacat crack ini menunjukan terjadi tegangan berlebih pada material sehingga material tidak dapat menahan tegangan yang terjadi, sehingga terjadi crack.